Kabupaten Tangerang (Girinews) – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tigaraksa mulai menempati gedung baru yang berlokasi di Jl. Aria Wangsakara, Kec. Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten. Lokasi gedung tersebut bersebelahan dengan SMPN 1 Tigaraksa.

Kepala Puskesmas Tigaraksa, dr. Tuti mengatakan, perpindahan tempat pelayanan tersebut dilakukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Meskipun belum di-launching secara resmi, Allhamdulillah di hari pertama kami pindah ini semua pelayanan sudah mulai aktif disini, baik yang rawat jalan maupun yang bersalin,” ucap Tuti pada Rabu (18/01/2023).

Ia mengungkapkan, di hari pertama ini pihak Puskesmas telah menerima kunjungan pasien sebanyak 108 orang. Selain itu, Puskesmas Tigaraksa memiliki beberapa ruang pelayanan baru. Seperti Ruang kesehatan anak, Ruang KIA, Ruang Imunisasi, Ruang KB dan Ruang ASI.

*Puskesmas Tigaraksa juga memiliki beberapa pelayanan unggulan,  pelayanan PDP ( pelatihan perawatan, dukungan dan pengobatan HIV ) setiap hari rabu pagi setiap minggunya dan extra hours pada hari Sabtu sore minggu ke 2 dan ke 4 pukul 14.00- 18.00 setiap bulannya, selain itu puskesmas juga melayani Terapi Pencegahan Tuberkulosis bagi kontak erat dengan pasien TB dan juga melakukan kunjungan rumah bagi pasien Tuberkulosis. pelayanan TB setiap hari senin dan kamis setiap minggunya *. Bagi yang ingin melakukan pengobatan silahkan datang kesini dengan membawa identitas diri seperti KTP, BPJS dan jika ada surat rujukan silahkan juga dibawa,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya gedung baru ini para pegawai di Puskesmas Tigarksa dapat lebih bersemngat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saya juga berpesan kepada seluruh pegawai untuk dapat memanfaatkan dengan baik dan merasa memiliki, sama-sama menjaga dan merawat puskesmas dengan seksama,” ujarnya.

Perlu diketahui, ditahun 2022 lalu Pemkab Tangerang telah membangun 2 gedung Puskesmas Baru yaitu Puskesmas Tigaraksa dan juga Puskesmas Panongan.

Pembangunan kedua sarana kesehatan itu merupakan salah satu realisasi dari program Pemkab Tangerang dalam upaya meningkatkan standar pelayanan di bidang kesehatan masyarakat. Mengingat, tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai merupakan salah satu faktor penunjang bagi paramedis dalam meningkatkan kinerja yang profesional sesuai dengan pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat luas. (rizal/hms).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *