Wonogiri (Girinews)-Wakil Bupati Setyo Sukarno menghadiri peresmian Akses Air Bersih di Desa Boto Kecamatan Baturetno. Persemian  Akses Air Bersih di desa tersebut merupakan komitmen PT. Kalbe Farma Tbk dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Deveopment Goals (SDGs) melalui program CSR (Corporate Social Responsibility)nya .

Hadir dalam peresmian tersebut Head of Corporate Communications & Sustainability PT Kalbe Farma Tbk, Melina Karamoy, Head of Corporate HR,GA and HSSE Jessyca Sentosa, Kepala Dinas Lingkungan HidupKabupaten Wonogiri, Camat Baturetno dan Pracimantoro, Jajaran Forkopimcam, Kepala Desa Boto, Kepala Desa Watuagung, Ketua  Paguyuban Tirta Asri  dan Ketua Paguyuban Manunggal Lestari, serta warga masyarakat khususnya di Desa Boto.

 Program sosial berupa akses air bersih di Desa Boto tersebut  telah dieksplorasi Kalbe sejak tahun 2022. Ini menyusul keberhasilan program akses air bersih di desa Sendang Watuagung Kecamatan Baturetno yang dimulai sejak 2014 dengan menjangkau 80 kepala keluarga, serta dikelola secara swadaya melalui Paguyuban Tirta Asri.

“Kalbe Farma berkomitmen dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) dan penyediaan akses air bersih merupakan salah satu bagiannya. Kami bersyukur, akhirnya Kalbe dapat meresmikan akses air bersih untuk Warga Desa Boto. Semoga apa yang telah kita mulai bersama ini dapat berlanjut, bermanfaat untuk kesehatan dan kemajuan ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Head of Corporate Communications & Sustainability PT Kalbe Farma Tbk, Melina Karamoy.

Kalbe Farma di Kabupaten Wonogiri sebelumnya telah berkiprah selama 13 tahun  dengan ragam program sosialnya. Berupa layanan kesehatan, kontribusi pendidikan, budidaya tanaman obat, pendampingan UMKM, akses air bersih, dan saat ini yang sedang dikembangkan adalah pengelolaan sampah melalui budidaya maggot.

 Wakil Bupati Wonogiri  Setyo Sukarno mewakili Bupati Wonogiri memberikan apresiasi atas peran CSR Kalbe di Kabupaten Wonogiri. Kepedulian dari PT Kalbe Farma yang bergerak di bidang kesehatan, dikatakan memberikan dampak yang luar biasa bagi segenap warga masyarakat khususnya di Desa Boto, Desa Watuagung, dan desa lainnya.

“Terima kasih dan penghargaan kepada PT Kalbe Farma yang telah menjadikan Kabupaten Wonogiri sebagai wilayah program sosialnya”, kata Wabup seperti dikutif dari Laman Web Pemkab Wonogiri.

Ia menjelaskan, ada beberapa kecamatan masuk dalam daftar wilayah terdampak kekurangan air bersih di Kabupaten Wonogiri, termasuk Baturetno. Program sosial yang dilakukan oleh Kalbe pun diakui berhasil mengurangi jumlah penduduk yang terdampak kekurangan air bersih.

“Eksplorasi air bawah tanah jelas membutuhkan biaya yang cukup tinggi, akan tetapi solusi permanen adalah upaya yang harus ditempuh. Solusi permanen berupa menghadirkan sumber air bersih yang dinikmati masyarakat, jauh lebih efektif dibandingkan memberikan bantuan melalui tangki-tangki air bersih yang habis dikonsums,”jelasnya.

Wabup Setyo Sukarno juga berharap fasilitas yang diberikan Kalbe benar-benar dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan, serta memotivasi usaha ekonomi produktif yang ada di masyarakat. (***)

APLIKASI CMK, TEROBOSAN PEMKAB WONOGIRI ATASI STUNTING

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *